Edwin’s Gallery: Menduniakan Seni Indonesia

Memiliki latar belakang arsitek, Edwin sepertinya sangat paham membuat ruang terlihat lebih dramatis dan cantik.

Memiliki latar belakang pendidikan arsitek, Edwin sepertinya sangat paham membuat ruang terlihat lebih dramatis dan cantik.

Dibangun pada tahun 1984, eksistensi Edwin’s Gallery sebagai pameran seni tak perlu diragukan lagi. Kiprahnya di dunia seni tak hanya mencakup skala nasional, tetapi internasional.

Bagi seorang Edwin Rahardjo, seni adalah jiwa. Tanpa seni, hidup terasa hampa. Kecintaan inilah yang membuat seorang Edwin berani membangun sebuah galeri yang dinamai dengan namanya sendiri, yaitu Edwin’s Gallery. Walau minim pengalaman dibidang seni karena latar belakang pendidikan dia adalah arsitek dan interior, Edwin terbilang cukup percaya diri memulai petualangannya membuka galeri di tahun 1984.

Senang sekali saya bisa mengunjungi tempat ini.

Senang sekali saya bisa mengunjungi tempat ini.

Jika dihitung, 30 tahun sudah Edwin’s Gallery mengarungi belantika seni Indonesia. Usia yang terbilang tak lagi muda hingga banyak kalangan yang memuji karena mampu berkembang di tengah arus modernisasi tanpa kehilangan jati diri. Di mata para seniman pun, kehadiran Edwin’s Gallery bak oase menyejukkan di padang tandusnya galeri seni yang mati karena kehausan ide atau hilangnya jiwa tergerus arus modernisasi.

Bentuk bangunan dari bagian taman di dalam rumah.

Bentuk bangunan dari bagian taman di dalam rumah.

 Berperan Melahirkan Seniman Muda

Semenjak awal didirikan, Edwin’s Gallery memiliki tujuan jelas, yaitu turut serta mengembangkan dunia seni rupa di Indonesia. Komitmen inilah yang membuatnya terus dicintai kalangan pecinta seni. “Saya pribadi memiliki tanggung jawab dalam memajukan kebudayaan seni di Indonesia,” ucap Edwin.

Permainan cahaya di setiap objek seni membuat objek wisata terlihat menarik.

Permainan cahaya di setiap objek seni membuat objek wisata terlihat menarik.

Edwin memiliki visi dan misi. Yaitu mencari bibit baru dan mengenalkannya ke publik. Tak heran, jika ia sering melahirkan seniman muda Indonesia yang berkualitas. “Semua upaya ini kami lakukan semata-mata untuk lebih memperkaya pengalaman seniman-seniman kita. Karena dengan melihat karya-karya seniman negara lain, mereka dapat melakukan perbandingan dengan kondisi seni rupa kita,” ungkap Edwin.

Beragam seni yang ada di Edwin's Gallery ini sangat unik dan menarik.

Beragam seni yang ada di Edwin’s Gallery ini sangat unik dan menarik.

Nasional dan Internasional

Berbagai kegiatan penting telah digelar Edwin’s Gallery dengan cakupan nasional dan internasional. Di Indonesia, pameran yang pernah dilakukan Edwin’s Gallery sudah tak terhitung jumlahnya. Dari mulai lokasinya di Edwin’s Gallery sendiri, di mall, hingga Galeri Nasional Indonesia. Ia pun tak canggung untuk menggandeng seniman penting kontemporer Indonesia seperti Rudi Mantofani, Ay Tjoe Christine, Ugo Untoro, Masriadi, dll.

Salah satu karya dalam bentuk 3 dimensi yang sangat menarik dilihat.

Salah satu karya dalam bentuk 3 dimensi yang sangat menarik dilihat.

Sedangkan di mancanegara, Edwin’s Gallery pernah menyelenggarakan pameran di Wina, NUS Museum di Singapura, Asia Art Center and New Age Gallery di Beijing, Godo Gallery di Seoul, 1918 Artspace di Shanghai, Sichuan Museum di Cina, dll.

Ada banyak inspirasi seni yang hadir di sini.

Ada banyak inspirasi seni yang hadir di sini.

Arsitektur Cita Rasa Unik

Dari segi rancang bangun, Edwin’s Gallery merupakan hasil perpaduan berbagai unsur dan mengggabungkannya menjadi suatu bangunan yang menarik. Arsitekturnya memiliki cita rasa kontemporer di bagian dalam dan cita rasa etnik jawa di bagian luarnya. “Saya tak ingin merancang sebuah bangunan yang desainnya dari depan hingga ke belakang, sama. Itu membosankan,” ucap Edwin. “Biarkan orang merasakan atmosfer berbeda di dalam setiap ruangnya,” tambahnya.

Bordea atau tempat peristirahatan sementara di tangga tak luput dari objek seni.

Bordea atau tempat peristirahatan sementara di tangga tak luput dari objek seni.

Edwin’s Gallery memiliki beberapa bagian area atau ruangan, yaitu area parkir, teras, kantor pengelola, ruangan pintu masuk dan pelayanan, ruangan galeri lantai bawah dan atas, teras dalam, bengkel pengerjaan, serta bersantainya para seniman. Jika Anda tertarik, datang saja ke sini. Lokasinya berada di Jl. Kemang Raya No.21 Kemang, Jakarta Selatan. Tetapi jangan Minggu karena libur.

FOTO ADRIAN MULYA

Advertisements

4 thoughts on “Edwin’s Gallery: Menduniakan Seni Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s