Patheya: Restoran Milik Keluarga Anto Hoed dan Melly Goeslow Berkonsep Rumah

Bangunan joglo ini lokasinya berada di area belakang restoran. Selain makan, tempat ini dapat disulap menjadi area pesta, termasuk pernikahan.

Restoran tapi tak seperti restoran. Ini yang saya rasakan saat menikmati makan malam di restoran milik orangtua Anto Hoed dan Melly Goeslow yang berlokasi di Kemang Utara Raya No.22, Jakarta Selatan. Penasaran? Yuk, baca hingga tuntas!

Dibukanya restoran ini tak sekadar mengikuti tren dan mencatut nama besar sang anak, Anto Hoed dan Melly Goeslow, di dunia keartisan. Ini bisnis serius yang dikembangkan Rahayu Hoed, ibunda Anto Hoed dan mertua Melly Goeslow yang memiliki hobi memasak. Cita rasa masakannya pun, bisa benar-benar Anda buktikan di sini. Termasuk, saya yang penasaran dengan masakan sang Bunda Rahayu. “Saya memang sangat hobi memasak. Ini salah satu passion saya,” ucap Rahayu.

Berada di tempat ini ada suasana berbeda bahkan penatnya Jakarta tak terasa saat berada di tempat ini.

Kafe ini dirancang senyaman mungkin, layaknya berada di dalam rumah. (Foto Jou Endhy Pesuarissa)

Saat saya masuk ke dalam restoran yang diberi nama Patheya, yang dalam bahasa Sansekerta kuno memiliki arti bekal ini, terasa tidak lazim. Ini dikarenakan Patheya mengusung konsep yang sangat unik, yaitu rumahan. Jadi, kesan resto atau kafe cenderung bias karena beberapa sudut resto lebih mirip ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, atau ruang santai. “Kita memang ingin mengangkat konsep serasa berada di rumah bukan di restoran,” ucap Anto Hoed, yang menerangkan bahwa restoran ini dibangun di atas rumah bekas kediaman keluarganya.

Saya beserta Melly Goeslow dan Anto Hoed.

Saya beserta Melly Goeslow dan Anto Hoed.

“Jadi, masuk ke sini ya benar-benar seperti rumah. Anda bisa memilih tempat makan di area ruang tamu, di area ruang keluarga, di tempat makan, atau di taman. Pokoknya, tinggal Anda pilih tempat duduk yang senyaman mungkin diinginkan,” tambah Anto Hoed. Ya, kosep inilah yang membedakan restoran ini dengan restoran lainnya.

Nikmatnya, Serasa di Rumah

Suasana bak rumah memang sangat kental terasa di tempat ini. Sofa-sofa yang ditata nyaman di sisi kiri dan kanan seakan menyambut pengunjung yang hendak makan di restoran ini. Kondisinya mirip seperti ruang tamu di rumah yang sebelah kiri dan ruang keluarga yang sebelah kanan. Memasuki ruang tengah, Anda akan menemui meja makan yang berjajar, layaknya ruang makan. Sementara di bagian kanannya, dirancang sofa seperti ruang keluarga. Tak heran, apabila ruang tersebut direkomendasikan untuk lokasi bersantap bersama keluarga.

Berada di tempat ini ada suasana berbeda bahkan penatnya Jakarta tak terasa saat berada di tempat ini.

Di balkon lantai 2 kafe ini terdapat taman atap yang pas buat tempat santai.

Di ruang ini juga terdapat piano dan alat musik lainnya yang difungsikan sebagai ruang live musik. Acara live musik ini memang tidak setiap hari, hanya menjelang akhir pekan dan acara-acara tertentu saja live musik diadakan. Bagi yang ingin mencari suasana lebih tenang, ruang di lantai dua bisa menjadi pilihan yang tepat. Ruang ini ada indoor dan outdoor. Yang menarik, ruang outdoor ditata layaknya taman atap dengan pemakaian rumput sintetisnya. Selain di lantai atas, suasana outdoor pun bisa Anda pilih di bagian belakang, si tepi kolam renang atau di rumah yang berbentuk joglo.

Mau Masakan Indonesia atau Luar, Ada!

Walau dirancang dengan konsep rumah, saya tetap dapat menikmati beragam makanan rumahan dan non rumahan, versi Indonesia dan luar negeri. Untuk makanan Indonesia, ada Sop Buntut Patheya yang ‘dicap juara’ dan direkomendasikan oleh Rahayu. Rasanya berbeda dibanding yang lain karena menonjolkan kekuatan rasa dari rempah-rempah. Ditambah lagi, kuah dari sop memiliki rasa segar yang keluar dari belimbing sayur. Tak ketinggalan, ada potongan buntut sapi yang besar dan mengenyangkan.

Salah satu minuman favorit yang dapat Anda nikmati di restoran ini.

Untuk makanan luar, Anda dapat mencicipi makanan seperti Pomelo Mango Salad, Pizza Patheya, dan Salmon en Croute, yang akan memanjakan lidah dan perut, karena rasanya yang enak dan membuat ketagihan. Patheya juga menghadirkan kue buatan rumah (homemade), namun memiliki rasa bintang lima, seperti Cheese Cake dan Vol Au Vent. Kue tersebut sangat cocok untuk menemani waktu tea time, sembari menanti terurainya kemacetan di kawasan Kemang. Tenang, untuk harganya standar, jadi tak perlu takut datang ke restoran ini.

Anda Raja dan Ratunya

Melly Goeslow mengatakan bahwa walau restoran ini milik mertuanya, tetapi ia merasa memiliki tanggung jawab membesarkan Patheya melalui koneksinya yang luas. “Keterlibatan saya lebih banyak di bagian me-marketing-in restoran ini dan food tester. Jadi, kalau ada masakan baru, saya tes terlebih dahulu layaknya saya pengunjung restoran,” ucap Melly.

Selain makanan tradisional, di tempat ini juga dijual makanan luar.

Selain itu, yang paling menarik di restoran ini, Anda bisa menikmati makanan di luar menu yang ada. Anda bisa mengorder masakan apapun, bahkan meminta mendatangkan chef-nya langsung dari daerah tersebut. Misal, Anda ingin kumpul-kumpul dengan teman dan ingin masakan Semarangan atau Cirebonan. Maka, restoran ini siap mewujudkan impian Anda. Pokoknya, Anda bisa jadi raja dan ratunya yang menentukan menu Anda. Hanya, untuk pemesanan ini tentunya ada harga yang harus Anda bayar yang dihitung.

Tertarik berkunjung? Datang saja ke Patheya yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s